Sabtu, 23 Januari 2010

Cara Installasi CMS Wordpress

Sesuai yang saya janjikan pada postingan sebelumnya bahwa saya akan memposting cara install cms wordpress. Hal yang dibutuhkan adalah modul Wordpress CMS yang bisa Anda download di sini dan file XAMPP yang bisa Anda download di sini.

Sebelum Anda menginstall pada hosting online maka Anda patut mecoba dan mempelajari dulu bagaimana cara install CMS wordpress di komputer/localhost Anda dirumah.
Berikut langkah-langkah instalasi Wordpress CMS pada Localhost :



1.Install terlebih dahulu file software aplikasi XAMPP yang telah Anda download, nantinya akan berfungsi sebagai localserver.

2.Ekstrak terlebih dahulu paket modul Wordpress CMS yang telah Anda download

3.Anda akan menemukan sebuah modul yang berada di sebuah folder yang biasanya diberi nama "wordpress".

4.Pindahkan folder modul Wordpress CMS yang bernama "wordpress" tersebut ke dalam "C:\xampp\htdocs". Yang paling utama diperhatikan adalah penyimpanan yang harus dilakukan di folder "htdocs". Tidak masalah jika Anda menginstal XAMPP pertama kali di letakan di drive D, F, atau yang lainnya, yang terpenting semua file web Anda harus ditempatkan pada folder "htdocs" tersebut. Sebab ketika kita membuka URL web tersebut pada browser, sistem localserver XAMPP yang kita gunakan akan membaca folder htdocs tersebut dan akan mencari web yang dimaksud sehingga dimunculkan pada browser.

5.Jika sudah memindahkan atau mengcopy paste modul Wordpress CMS tersebut, pembaca boleh mengganti nama folder "wordpress" misalnya "websaya" atau yang lainnya sesuai dengan keinginan Anda.

6.Jalankan software XAMPP yang telah Anda install tadi dan pastikan modul Apache dan Mysql dalm keadaan running. Buka browser (ie, firefox, opera, dll), kemudian ketik alamat "http://localhost/phpmyadmin" pada address bar sehingga muncul halaman phpMyAdmin. Kita akan membuat database yang akan digunakan oleh wordpress CMS yang akan kita instal. Tulis nama database yang akan kita gunakan pada kotak di bawah tulisan "Create new database". Misalkan kita beri nama "datawebsaya". Kemudian klik tombol "Create" yang ada di sebelah kanannya.

7.Masih pada browser (ie, firefox, opera, dll), ketikkan juga alamat "http://localhost/websaya" pada address bar-nya. Perhatikan bahwa alamat tersebut bergantung pada penamaan folder yang Anda berikan pada langkah 5. Karena Anda memberi nama foldernya adalah "websaya", maka alamat URL-nya adalah "http://localhost/websaya". Namun, jika Anda memberi nama lain misalnya "webkamu", maka alamatnya menjadi "http://localhost/webkamu". Artinya bahwa kita ingin yang ditampilkan pada browser adalah web yang ada di dalam folder "websaya". Sebenarnya bisa saja kita langsung menyimpan seluruh isi modul wordpress CMS tersebut kedalam folder "htdocs" tanpa harus dimasukkan kedalam folder "websaya", sehingga alamatnya akan menjadi "http://localhost/". Biasanya hal ini dilakukan jika kita menyimpan secara online dan ingin web kita terbuka dengan alamat misalnya http://www.namadomain.com/", bukan "http://www.namadomain.com/websaya".

8.Pada browser (ie, firefox, opera, dll) akan muncul tampilan wordpress error karena belum terdapat file bernama wp-config.php. File tersebut merupakan file yang berisi setting (konfigurasi) untuk web Wordpress CMS. Untuk membuat file konfigurasi tersebut, Klik tombol yang bertuliskan "Create a Configuration File".

9.Selanjutnya akan muncul halaman "Setup Configuration File" seperti berikut ini. Klik tombol yang bertuliskan "Let's Go!".

10.Halaman yang selanjutnya muncul adalah halaman isian untuk setting konfigurasi.
Dabase Name : isi dengan mana database yang kita ciptakan pada langkah 5, yaitu "datawebsaya".
User Name : isi dengan username yang punya akses untuk masuk ke dalam sistem phpMyAdmin pada server yang kita gunakan.
Untuk localhost dengan XAMPP, biasanya usernamenya adalah "root".
Password : kosongkan saja.
Database Host : karena kita menyimpan/menghosting web kita pada localhost, maka isi dengan "localhost".
Table Prefix : digunakan untuk mengunikkan tabel pada database "datawebsaya". Untuk sementara gunakan yang default, yaitu "wp_". Setelah itu klil tombol Submit.

11.Jika pengaturan sudah benar, maka akan muncul halaman . Klik tombol Run the install.

12.Selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisi informasi tentang web yang akan Anda buat dengan Wordpress CMS ini.
Blog Title : isi dengan judul web Anda yang akan terlihat pada title bar browser.
Your E-mail :isi dengan alamat email Anda (anda boleh mengisi dengan sembarang email jika tidak mempunyai alamat email). Beri centang pada kotak kecil disamping tulisan "Allow my blog to appear..." jika ingin web yang akan Anda buat terlihat pada Google dan Technorati. Setelah semua dirasa benar, klik tombol Install Wordpress.

13.Akhirnya instalasi Woredpress CMS pada localhost berhasil. Anda akan ditunjukkan username serta password yang akan Anda gunakan untuk masuk ke halaman administrator pada wordpress CMS Anda. Jangan tutup terlebih dahulu halaman tersebut. Anda harus mengingat atau jika perlu mencatat password tersebut.

14.Selanjutnya, buka tab atau wondow baru pada browser(ie, firefox, opera, dll). Kita akan mencoba masuk untuk pertama kali ke halaman administrator atau untuk wordpress biasanya disebut halaman "Dashboard". Ketik alamat "http://localhost/websaya/wp-admin". Alamat tersebut merupakan alamat halaman Dashboard web Wordpress CMS yang telah Anda instal tersebut. Masukkan username dan password yang sesuai yang telah ditunjukkan pada langkah 13.

15.Agar Anda mudah mengakses Dashboard, sebaiknya ganti password yang diberikan tadi dengan password yang mudah Anda ingat. Caranya klik menu "Users" yang ada di side kiri Dashboar wordpress Anda. Akan ditunjukkan list user yang telah ada. Klik pada user "Admin" untuk merubah informasi yang digunakan oleh Admin. Lihat dibagian paling bawah akan ada kotak isian untuk password baru. Isi dengan password yang Anda kehendaki pada kotak disamping tulisan "New Password", kemudian klik tombol Update Profile.

Untuk melihat tampilan wordpress CMS yang telah Anda instal, silahkan ketikkan pada browser dengan alamat "http://localhost/websaya". Dan ini adalah keseluruhan file web wordpress CMS tersebut. Anda tidak perlu lagi repot membuat script bahasa pemrograman PHP MySQL dengan langkah-langkah diatas Anda sudah mendapatkan sebuah website utuh yang berbasis blog.

Selamat Mencoba

0 komentar:

Posting Komentar

Sponsor

 

Tags

Site Info

Didimashudi's Blog

Hanya sebuah blog yang mudah-mudahan bisa berbagi dan memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda serta bisa menambah wawasan dll

Followers

Memberi yang bisa ... Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template