Jumat, 22 Januari 2010

Bedanya Wordpress Blog Dengan CMS

Ada beberapa penyedia website gratis seperti www.blogger.com yang saya gunakan saat ini atau www.wordpress.com yang dengan mudah anda membuat hanya dalam hitungan menit saja anda sudah bisa memiliki sebuah website gratis alias blog. Walaupun disini saya menggunakan blogspot tetapi tidak ada salahnya saya akan mencoba membicarakan apa sich bedanya Blog wordpres dengan CMS wordpress, Jika kita mempunyai blog di blogspot, maka URL blog kita akan berakhiran blogspot.com", sedangkan jika di wordpress akan berakhiran "wordpress.com".



Anda bisa mencoba provider yang satu ini(wordpress) sehingga Anda nantinya tahu apa sich perbedaannya antara blog dengan CMS wordpress agar Anda bisa lebih familiar baik dalam menggunakan blog maupun CMS.Namun Yang akan kita bahas tentang wordpress disini adalah keunggulannya yang lain.
Menurut saya ada 1 kelebihan wordpress dibandingkan dengan blogspot. Jika blogspot hanya memberikan layanan blog gratis, wordpress ternyata juga menyediakan layanan modul CMS. CMS merupakan singkatan dari content management system, yaitu sistem web yang memungkinkan Anda dengan sangat mudah mendapatkan sebuah website utuh tanpa harus mendesain dari dasar misalnya dengan dreamweaver atau mocrosoft frontpage, mengelolanya juga semudah anda mengggunakan blog, serta mendapatkan sistem web secanggih website pada umumnya karena merupakan web yang dinamis lebih canggih dari blog karena blog memang dibuat lebih sederhana.
Selain modul CMS wordpress masih banyak modul CMS seperti joomla, mambo, dan lainnya. Ketahuilah bahwa setiap modul kalau sudah beratribut CMS pasti mudah menggunakannya, tetapi modul wordpress CMS ini memang lebih sederhana sehingga kita bisa belajar secara perlahan namun pasti, apalagi bagi Anda yang telah menggunakan blog wordpress akan terasa lebih mudah menggunakan CMS wordpress ini. Modul wordpress CMS ini bisa kita download dari situs resminya di www.wordpress.org
Anda akan mendapatkan sebuah paket modul wordpress CMS. Modul inilah yang akan Anda instal sehingga mendapatkan sebuah website utuh yang siap pakai. Cara instalasi akan saya postingkan nanti. Web yang kita dapatkan tersebut tentu berbeda dengan blog di wordpress.com. Jika di blog wordpress.com, blog yang kita buat dapat digunakan langsung secara online tidak perlu lagi menghostingkannya ke server dan mempunyai sebuah URL berakhiran wordpress.com misalnya http://webgue.wordpress.com", sedangkan wordpress CMS yang kita instal tersebut perlu disimpan ke server terlebih dahulu (dihostingkan) dan harus mendapatkan sebuah domain juga. seperti kita mendesain web dari awal dengan dreamweaver atau Microsoft frontpage. Intinya, web yang kita dapat dengan menginstal wordpress CMS merupakan web utuh yang siap pakai namun masih perlu dihostingkan dan membutuhkan domain agar bisa di buka secara online.
Lantas apa untungnya menggunakan wordpress CMS dibandingkan blog di wordpress.com? Karena kita memperoleh modul wordpress CMS kemudian menginstal modul tersebut, berarti kita mendapatkan sebuah desain web yang utuh yang mana file-file web tersebut bisa kita edit sesuka hati kita termasuk mengganti template memakai free wordpress theme yang bisa kita download secara gratis maupun yang premium. Berbeda halnya ketika masih sebagai blog yang menumpang di wordpress.com, kita hanya boleh mengganti theme wordpress menggunakan template standart yang sudah disediakan oleh provider wordpress dan tidak bisa mengeditnya. Kita juga dibatasi dalam menambah plugin dan widget yang mungkin sangat dibutuhkan. Apalagi jika kita akan membuat blog bisnis karena akan kesulitan dalam menempatkan iklan banner dan lain sebagainya.
Tetapi antara blog wordpress dengan CMS ada satu kesamaan yaitu kita bisa mendapatkannya secara GRATIS…TIS…TIS….

Semoga bermanfaat…….

0 komentar:

Posting Komentar

Sponsor

 

Tags

Site Info

Didimashudi's Blog

Hanya sebuah blog yang mudah-mudahan bisa berbagi dan memberikan informasi yang bermanfaat bagi Anda serta bisa menambah wawasan dll

Followers

Memberi yang bisa ... Copyright © 2009 Blogger Template Designed by Bie Blogger Template